Sekretaris Jemaat


Lokakarya 2022 - Laporan Sekretaris Jemaat

Tugas Penting


Sekretaris jemaat memiliki satu tugas penting dalam jemaat, kepada siapa bergantung keteraturan administrasi jemaat yang menentukan efisiensi fungsi jemaat. Seperti semua jabatan jemaat lainnya, sekretaris juga dipilih untuk satu atau dua tahun sesuai dengan ketetapan jemaat setempat. tetapi karena fungsi penting dan khusus dari tugas ini, maka adalah bijaksana untuk memilih seseorang yang dapat dipilih kembali pada masa jabatan yang berikut agar pencatatan dan laporan dapat berlangsung secara berkelanjutan. Dalam jemaat besar dapat dipilih seorang asisten sekretaris. Sekretaris bekerja sebagai sekretaris untuk semua konferensi jemaat, dan harus mencatat secara tepat semua hasil rapat-rapat itu. Jika karena satu hal penting sekretaris tidak bisa hadir dalam rapat itu, maka harus diatur agar asistennya hadir untuk mencatat keputusan-keputusan yang dihasilkan.

Tidak Ada Nama yang Ditambahkan atau Dikeluarkan Tanpa Pemungutan Suara Jemaat


Untuk menambah atau mengeluarkan nama dari daftar keanggotaan jemaat harus ada pemungutan suara dari jemaat, kecuali dalam hal kematian anggota. Tidak ada nama yang ditambahkan atau dikeluarkan atas dasar keputusan majelis saja. Sekretaris jemaat tidak memiliki wewenang untuk menambah atau mengeluarkan nama dari daftar jemaat tanpa pemungutan suara dari jemaat. Jika seorang anggota meninggal dunia maka sekretaris harus secepatnya mencatat tanggal kematian di samping nama itu dalam buku keanggotaan.

Perpindahan Anggota


Sekretaris jemaat menangani surat menyurat antara anggota perorangan dan jemaat dalam perpindahan keanggotaan jemaat.

Surat Menyurat dengan Anggota


Sekretaris jemaat harus berusaha untuk mengadakan kontak dengan anggota-anggota yang tidak ada di tempat melalui surat menyurat.

Kredensi bagi Utusan Rapat Umum Konferens/ Daerah/ Wilayah


Sekretaris jemaat atas wewenang dari majelis jemaat, memberi surat resmi bagi semua utusan yang dipilih untuk mewakili jemaat pada rapat umum konferens/ daerah/ wilayah dan secepatnya mengirim nama-nama mereka kepada sekretaris konferens/ daerah/ wilayah. Semua blangko isian untuk catatan, laporan, kredensi, surat jemaat, dan lainnya disediakan oleh kantor konferens/ daerah/ wilayah.

Laporan Harus Dikirim Secepatnya


Adalah tugas sekretaris jemaat untuk mengisi laporan-laporan secepatnya. Sebagian laporan ini bersifat tahunan, yang lain triwulan. Adalah penting agar laporan-laporan itu dikirimkan kepada sekretaris konferens/ daerah/ wilayah pada waktu yang ditentukan. Informasi yang dibutuhkan untuk laporan ini harus diperoleh dari bendahara, sekretaris penginjilan perorangan, diaken, sekretaris Sekolah Sabat, sekretaris Pemuda Advent, guru sekolah gereja, dan dari catatan sekretaris jemaat itu sendiri.

Catatan Jemaat


Sekretaris jemaat menyimpan catatan jemaat. Ini harus dilakukan dengan hati-hati. Semua catatan dan buku rekening berbagai pengurus jemaat adalah milik jemaat; ini harus diserahkan kepada sekretaris jemaat yang baru pada akhir masa tugas, atau kepada jemaat kapan saja selama masa tugas sesuai permintaan pendeta atau ketua.

Sumber Referensi


Peraturan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Revisi 2005, Edisi ke-17; Pengalih bahasa Edison Takasanakeng; Bandung: Indonesia Publishing House, 2006