Perkumpulan Pemuda Advent


Daftar Pelayan Depertemen Pemuda Advent

  • Daftar Pelayan Jemaat dapat dilihat disini.
  • Jadwal Ambil Bagian Pelayanan dapat dilihat disini.

Perkumpulan Pemuda Advent

Perkumpulan Pemuda Advent/ Perkumulan Misionaris Advent adalah organisasi persekutuan dan kegiatan pemuda di jemaat setempat. Dengan dipimpin oleh pemimpin pemuda yang dipilih, orang-orang muda harus bekerja sama dalam mengembangkan satu pelayanan pemuda yang kukuh yang mencakup perkembangan rohani, mental, dan fisik dari tiap individu. Ini juga mencakup interaksi sosial orang Kristen, dan acara bersaksi aktif yang menyokong rencana memenangkan jiwa secara umum dari jemaat setempat. Haruslah menjadi tujuan perkumpulan Pemuda Advent untuk melibatkan semua orang muda dalam kegiatan berarti yang akan mempererat mereka dengan jemaat dan melatih mereka untuk pelayanan yang bermanfaat.

Pertemuan pemuda yang rutin harus direncanakan tiap pekan. Dianjurkan agar pertemuan ini diadakan Jumat malam atau Sabat sore. Pertemuan-pertemuan ini dapat dilaksanakan di rumah-rumah anggota yang bertanggung-jawab atau di gereja dalam bentuk pertemuan yang lebih besar. Karena program pemuda tidak boleh dipisahkan dari bagian jemaat lainnya, maka pertemuan umum perkumpulan Pemuda Advent harus terbuka bagi seluruh anggota jemaat. Akan tetapi idealnya acara-acara itu harus direncanakan dan dijalankan sendiri oleh orang-orang muda. Di jemaat-jemaat kecil program kepemudaan mungkin perlu memiliki pendekatan keterlibatan keluarga.

Adalah penting untuk mengkoordinasi acara pemuda di jemaat dengan pekerjaan semua departemen yang memberi pelayanan pada anak-anak dan pemuda. Untuk mendorong kerja sama dan koordinasi ini, maka pemimpin Pelayanan Perorangan, pemimpin Pelayanan Kesehatan, pemimpin Sekolah Sabat pemuda, kepala sekolah menengah, direktur Klub Remaja (Pathfinder), direktur Klub Petualang (Adventurer), dan para pemimpin lain yang dibutuhkan adalah anggota Komite Pelayanan Pemuda Advent, yang merupakan organisasi payung di jemaat setempat yang bertanggung jawab untuk merencanakan program pelayanan pemuda.

Karena pelayanan pemuda yang berhasil di jemaat mencakup Sekolah Sabat pemuda yang kuat, maka harus ada suatu waktu dan tempat tertentu untuk diadakan lebih banyak interaksi, persekutuan, rekreasi, kesaksian jangkauan keluar, dan latihan kepemimpinan, yang merupakan bagian dari konsep yang dibina di dalam Perkumpulan Pemuda Advent.

Perkumpulan Pemuda Advent adalah satu departemen jemaat yang olehnya gereja bekerja untuk dan melalui orang-orang mudanya.

Jawab Musa:"Kami hendak pergi dengan orang-orang yang muda dan yang tua; dengan anak-anak lelaki kami dan perempuan, dengan kambing domba kami dan lembu sapi kami, sebab kami harus mengadakan perayaan untuk TUHAN" (Keluaran 10:9). "Apa  yang kuperintahkan kepadamu pada hari ini haruslah engkau perhatikan, haruslah engkau mengajarkannya berulang-ulang kepada anak-anakmu dan membicarakannya apabila engkau duduk di rumahmu, apabila engkau sedang dalam perjalanan, apabila engkau berbaring dan apabila engkau bangun. Haruslah juga engkau mengikatkannya sebagai tanda pada tanganmu dan haruslah itu menjadi lambang di dahimu, dan haruslah engkau menuliskannya pada tiang pintu rumahmu dan pada pintu gerbangmu." (Ulangan 6:6-8). "Jangan seorang pun menganggap engkau rendah karena engkau muda. Jadilah teladan bagi orang-orang percaya, dalam perkataanmu, dalam tingkah lakumu, dalam kasihmu, dalam kesetiaanmu dan dalam kesucianmu." (1 Timotius 4:12).

"Sekarang ini kita memiliki satu pasukan pemuda yang dapat melakukan banyak hal jika mereka diarahkan dan didorong dengan baik... Kita ingin agar mereka diberkati Allah. Kita ingin mereka melakukan satu bagian dalam rencana yang diorganisasi dengan baik untuk membantu para pemuda lainnya." - Ellen G. White, dalam General Conference Bulletin, 29, 30 Januari 1893, halaman 24.

Hamba Allah itu menghendaki agar dibentuk suatu organisasi pemuda di setiap jemaat dan ia mengatakan jenis organisasi seperti apa yang harus dibentuk. "Biarlah dibentuk suatu kumpulan yang susunannya mirip Christian Endeavor Society (Usaha Sosial Kristen)..." Counsel on Health, halaman 537. "Biarlah di tiap jemaat ada kumpulan yang diorganisasikan untuk melakukan pekerjaan ini." Ellen G. White, dalam Sign of the Times, 29 Mei 1893.

"Bilamana orang muda menyerahkan hati mereka kepada Allah, tanggung jawab kita bagi mereka tidak berhenti di situ. Mereka harus tertarik kepada pekerjaan Tuhan, dan memimpin untuk melihat bahwa Ia mengharapkan mereka melakukan sesuatu untuk memajukan pekerjaan-Nya. Tidaklah cukup menunjukkan berapa banyak keperluanyang harus dilakukan, dan mendorong orang muda untuk melakukan sebagian. Mereka harus diajar bagaimana bekerja untuk Tuhan. Mereka harus dilatih, didisiplin, digemleng, dengan metode terbaik menarik jiwa kepada Kristus.

"Dengan satu tentara pekerja-pekerja sebagaimana orang-orang muda kita, kalau dididik dengan betul, dapat disediakan, betapa lekas pekabaran tentang JUruselamat yang sudah disalibkan, bangkit, dan akan datang dengan segera disampaikan ke seluruh dunia!" Amanat kepada Orang Muda. hlm. 180.

Sementara kumpulan Pemuda Advent yang aktif harus ada di tiap jemaat, namun penting sekali agar program pemuda tidak terpisah dari bagian jemaat lainnya. Sebagai tambahan atas partisipasi mereka dalam organisasi pemuda, orang-orang muda harus dibaur ke dalam tanggung jawab kepemimpinan dan kterlibatan dalam seluruh program jemaat. Harus ada ketua-ketua jemaat muda, diaken dan diakenes muda, dan lainnya, yang bekerja sama dengan para pengurus jemaat yang berpengalaman. Dalam semua bidang pekerjaan jemaat, orang-orang muda harus aktif. "Supaya pekerjaan itu dapat maju di semua cabangnya, Allah memerlukan kekuatan, keperkasaan, dan keberanian orang muda. Ia memilih orang muda untuk membantu memajukan pekerjaan-Nya. Merencanakan dengan pikiran yang jernih dan melaksanakan dengan tangan yang berani, menuntut tenaga yang segar dan tidak lumpuh. Kaum pemuda dan pemudi diundang untuk menyerahkan kekuatan muda mereka kepada Allah, sehingga melalui pengerahan kekuatan mereka, melalui pemikiran yang tajam dan tindakan yang penuh perkasa, mereka dapat membawa kemuliaan-Nya dan keselamatan kepada sesama manusia." Pelayan Injil, hlm. 58.

Pernyataan Misi


Fokus utama pelayanan pemuda ialah keselamatan orang muda melalui Yesus Kristus. Kita memahami pelayanan pemuda menjadi pekerjaan jemaat yang harus dijalankan untuk, dengan, dan oleh orang muda. Tugas kita adalah:

1. Memimpin orang muda agar mengerti nilai pribadi mereka dan menemukan serta memperkembang karunia rohani serta kesanggupan-kesanggupan mereka.
2. Melengkapi dan memberi kuasa bagi orang muda bagi suatu kehidupan yang melayani dalam jemaat Allah dan dalam masyarakat.
3. Memastikan keterlibatan orang muda ke dalam semua aspek kehidupan dan kepemimpinan jemaat sehingga mereka dapat berpartisipasi penuh dalam misi jemaat.

Tujuan


Sebagai sambutan atas petunjuk yang diilhamkan ini, Departemen Pelayanan Pemuda telah diorganisasikan untuk memberikan pelatihan, menyediakan sumber bahan dan rencana-rencana penginjilan bagi Pemuda Advent di jemaat-jemaat setempat. Roh Nubuat telah menyatakan tujuan organisasi pemuda adalah sebagai berikut:

1. Untuk melatih orang muda untuk bekerja bagi orang muda lainnya.
2. Merekrut para pemuda untuk membantu jemaat mereka dan "mereka yang mengaku sebagai pemelihara hari Sabat, dan
3. Untuk bekerja "bagi mereka yang bukan seiman bagi kita". Sign of the Times, 29 Mei 1893.

Dalam usaha untuk mencapai tujuan-tujuan tersebut ini para pemuda diajak untuk:

1. Berdoa bersama.
2. Belajar firman bersama sama.
3. Bersekutu bersama menjalankan rencana-rencana bersaksi yang terencana baik.
4. Bertindak bersama dalam kelompok kecil untuk menjalankan rencana-rencana bersaksi yang terencana baik.
5. Mengembangkan kebijaksanaan dan keterampilan dan talenta pelayanan Tuhan, dan
6. Saling memberi sokongan dalam pertumbuhan rohani.

Tujuan Perkumpulan Pemuda Advent adalah: "Pekabaran Advent ke Seluruh Dunia dalam Zaman ini."

Semboyannya ialah: "Kasih Kristus yang Mendorong Aku."


Keanggotaan Perkumpulan Pemuda Advent


Ada tiga kategori keanggotaan Perkumpulan Pemuda Advent:

a. Anggota Reguler
Yang boleh didaftarkan sebagai anggota reguler adalah pemuda usia 16 hingga 30 tahun yang merupakan anggota resmi Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh dan yang berjanji akan menyokong tujuan-tujuan perkumpulan pemuda, rindu untuk terlibat dalam pelayanan yang aktif bagi Kristus.

b. Anggota Rekan
Yang harus diterima sebagai anggota rekan adalah orang-orang muda yang bukan anggota Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, tetapi yang memiliki teladan Kristen dan rindu untuk bergabung dengan orang muda jemaat dalam pekerjaan misionaris. Anggota rekan tidak boleh memegang jabatan, tetapi mereka harus diterima dengan baik ke dalam semua pekerjaan perkumpulan pemuda dan dalam kegiatan-kegiatan kelompoknya, dan didorong untuk menjadi anggota reguler sesegera mungkin.

c. Anggota Kehormatan
Yang boleh masuk di sini adalah anggota dewasa di jemaat yang menyokong pemuda. Banyak orang yang sudah berusia di atas 30 tahun masih terus mau menghadiri pertemuan-pertemuan Perkumpulan Pemuda Advent dan berpartisipasi dalam berbagai cara sedapat mungkin. Bilamana memungkinkan untuk dianjurkan, mereka dapat menerima suatu kartu anggota kehormatan. Keanggotaan mereka tidak termasuk dalam laporan sekretaris, dan mereka melaporkan kegiatan penginjilan mereka dengan cara biasa yakni melalui jemaat.

Pada saat bergabung dengan Perkumpulan Pemuda Advent, para anggota baru mengucapkan janji keanggotaan berikut:

"Karena kasih Tuhan Yesus, Saya berjanji untuk mengambil bagian secara aktif dalam pekerjaan Perkumpulan Pemuda Advent, melakukan apa yang dapat saya lakukan untuk menolong orang lain dan untuk menyelesaikan pekerjaan Injil di seluruh dunia."

Komite Pelayanan Pemuda Advent


Komite Pelayanan Pemuda Advent adalah organisasi payung di jemaat yang bertanggung jawab untuk perencanaan umum program pelayanan pemuda. Di dalamnya termasuk para pengurus Pemuda Advent yang terpilih ditambah dengan:

  • pemimpin Penginjilan Perorangan, 
  • pemimpin Sekolah Sabat pemuda, 
  • pemimpin Kesehatan, 
  • direktur Klub Remaja, 
  • direktur Klub Petualang, 
  • kepala sekolah, jika ada, 
  • sponsor, dan 
  • pendeta. 

Pemimpin Perkumpulan Pemuda Advent, yang merupakan anggota majelis jemaat, memimpin komite ini.

Komite ini harus bertemu sesering yang diperlukan untuk merencanakan dan memimpin pelayanan pemuda yang sukses di jemaat. Pertemuan-pertemuan pemuda harus mencakup doa, pelajaran tentang cara membantu kerohanian pemuda, dan rencana untuk kegiatan bersaksi. Komite ini juga bertanggung jawab untuk mengawasi bahwa pertemuan-pertemuan rutin dijadwalkan untuk para pemuda dan bekerja dengan departemen lain dalam mengkoordinasi program pemuda di jemaat setempat. Agar perkumpulan ini menjadi efektif dalam mencapai tujuannya maka harus ada tujuan jangka panjang dan jangka pendek.

Komite Perkumpulan Pemuda Advent

Komite Perkumpulan Pemuda Advent bertanggung jawab untuk kegiatan-kegiatan pemuda senior dan bekerja dalam koordinasi dengan kesatuan-kesatuan kepemudaan lainnya melalui KOmite Pelayanan Pemuda. Di jemaat di mana tidak terdapat program Klub Remaja dan Petualang, maka Pemuda Advent akan mencakup anggota-anggota yang lebih muda ini dalam Perkumpulan Junior.

Para Pengurus Perkumpulan Pemuda Advent

Faktor utama dalam kesuksesan Perkumpulan Pemuda Advent ialah kepemimpinan. Bila para pemimpinnya adalah orang-orang Kristen yang aktif dan berdedikasi, dengan inisiatif dan kesanggupan untuk mengatur dan mengilhami orang muda lainnya, maka pekerjaan itu akan maju, orang-orang muda akan diselamatkan dan dilatih dalam pelayanan Allah, dan jemaat secara keseluruhan akan dikuatkan.

Para pengurus Perkumpulan Pemuda Advent yang dipilih oleh jemaat adalah:
pemimpin pemuda, 
wakil pemimpin pemuda,
sekretaris-bendahara,
asisten sekretaris-bendahara,
pemimpin nyanyi, pianis atau organis,
dan penasihat yang mungkin adalah salah satu ketua jemaat.

Karena musik memegang peran penting dalam pembentukan karakter orang-orang muda, maka para pemusik harus dipilih dengan hati-hati sebagaimana memilih para pengurus Perkumpulan Pemuda Advent lainya. Kelompok ini membentuk komite inti Perkumpulan Pemuda Advent yang dengan meminta pandangan dari para pemuda untuk memilih para pemimpin lainnya seperti pemimpin kegiatan sosial, pemimpin kebaktian, pustakawan (ahli perpustakaan), pemimpin hubungan masyarakat, dan berbagai pemimpin kelompok kegiatan. Di jemaat-jemaat kecil satu orang akan memegang beberapa tanggung jawab. Sebanyak mungkin orang muda harus dilibatkan dalam perencanaan dan pelaksanaan program pemuda.

Pemimpin dan Wakil Pemimpin Pemuda Advent


Sebagai pengikut Yesus pemimpin Pemuda harus menjadi teladan perilaku seorang Kristen sejati, dengan beban untuk memenangkan jiwa dan menularkan semangat. Dalam membantu memotivasi para pemuda untuk bekerja sama dan memikul tanggung jawab, maka pemimpin itu harus berada di belakang layar -  membimbing, menasihati, dan memberi semangat kepada para pemuda, menolong mereka mendapatkan pengalaman dan sukacita dalam keberhasilan. Adalah penting untuk mempelajari profil para pemuda di jemaat dan berusaha untuk melibatkan setiap orang muda dalam perkumpulan pemuda.

Pemimpin Pemuda akan terus berhubungan erat dengan pendeta dan penasihat dan dengan direktur Pemuda konferens/ daerah/ wilayan, mengambil kuntungan dari setiap kesempatan untuk pelatihan, memimpin perkumpulan itu dalam hubungan kerja sama dengan jemaat dan konferens/ daerah/ wilayah.

Wakil pemimpin Pemuda akan membantu pemimpin Pemuda dalam pekerjaan ini dan memimpin komite Pemuda bilamana pemimpin Pemuda tidak ada di tempat. Wakil pemimpin juga akan ditugaskan dengan berbagai tanggung jawab sebagaimana yang ditentukan oleh komite. Di jemaat kecil komite dapat memberikan kepada wakil pemimpin tugas sebagai sekretaris-bendahara.

Sekretaris-Bendahara dan Wakil


Sebagaimana halnya dengan para pemimpin lainnya, persyaratan pertama untuk seorang sekretaris-bendahara adalah kerohanian dan dedikasi. Ia harus mengenal Tuhan, sanggup berbicara dari pengalaman pribadi, dan memiliki beban untuk orang muda. Sekretaris-bendahara akan membuat catatan tentang aktivitas-aktivitas kumpulan pemuda itu dan mengirimkannya dalam laporan bulanan pada formulir khusus yang disediakan oleh direktur Pemuda konferens/ daerah/ wilayah, yang juga akan mendorong para pemuda untuk melaporkan kegiatan bersaksi mereka dalam waktu sepuluh menit laporan Pelayanan Perorangan setelah selesainya diskusi Pelajaran Sekolah Sabat. Wakil sekretaris-bendahara (bila perlu) membantu pekerjaan sekretaris-bendahara seperti yang diatur bersama dan dilakukan jika sekretaris-bendahara berhalangan.

Tanggung jawab penting lainnya dari sekretaris-bendahara adalah menyimpan catatan yang akurat semua uang yang diterima dan dikeluarkan oleh Perkumpulan Pemuda Advent. Dana Perkumpulan Pemuda disimpan pada bendahara jemaat dan disimpan hingga suatu saat di mana penggunaannya diminta oleh Komite Pelayanan Pemuda. Komite ini akan juga memeriksa catatan keuangan perkumpulan setiap triwulan dan diperiksa oleh bendahara jemaat setahun sekali. Banyak jemaat memasukkan organisasi pemuda dalam anggaran jemaat.

Penasihat Perkumpulan Pemuda Advent

Penasihat bisa seorang ketua atau anggota majelis jemaat lainnya yang sesuai dan mengerti sepenuhnya tujuan-tujuan perkumpulan pemuda dan yang bersimpati kepada orang muda dan keterlibatan mereka dalam pelayanan jemaat. Orang ini melayani sebagai seorang pembimbing atau penasihat kepada para pemimpin Perkumpulan Pemuda Advent dan rutin bertemu dengan mereka saat diadakannya rapat Komite Perkumpulan Pemuda. Penasihat haruslah seorang yang disukai orang-orang muda dan yang dari padanya orang-orang muda meminta nasihat, seorang yang bekerja bersama pemimpin Pemuda dalam memperjuangkan kebutuhan perkumpulan itu dalam majelis jemaat.

Penasihat ini haruslah dikenal oleh direktur Pemuda konferens/ daerah/ wilayah, terus memberikan informasi kepadanya tentang perubahan dalam personil kepemimpinan dan hal lainnya yang berhubungan dengan Perkumpulan Pemuda Advent. Bersama dengan para pengurus perkumpulan, penasihat harus mengikuti lembaga pelatihan pemuda di konferens/ daerah/ wilayah setempat untuk terus mengikuti perkembangan pelayanan pemuda dan dengan demikian dapat lebih efektif dalam memberikan bimbingan. Demi kesinambungan, adalah baik jika penasihat pemuda melayani untuk periode beberapa tahun.

Kegiatan-kegiatan Pemuda Advent

Sementara para pemuda berkembang dalam hubungan mereka dengan Yesus Kristus, Departemen Pelayanan Pemuda berusaha menyediakan bagi mereka program-program yang aktif, dinamis, yang sesuai usia mereka yang menyediakan suatu suasana untuk perkembangan karunia-karunia rohani dalam persiapan bagi hidup sekarang ini dan kehidupan yang akan datang. Ini mencakup yang berikut ini:

1. Ibadah dan Pendidikan
Renungan pagi, rencana bacaan Alkitab, seri Pertemuan, Pekan Doa Pemuda Advent, Konferensi Alkitab Pemuda, Kursus Pelatihan Pelayanan Pemuda, Kursus Pelatihan Staf Klub Remaja, Klub Buku Pemuda Advent, Pemimpin dan Pemimpin Utama dan kelas-kelas pelatihan lainnya, Kelas-kelas kepahaman Pemuda Advent, klub-klub lintas alam, dan lain-lain.

2. Bersaksi
Suara Pemuda, Tim Persahabatan, Sekolah Sabat cabang, Story Hours, TSPM Pemuda Advent, Pelayanan Sukarela Pemuda Advent, Festival Alkitab, Pertemuan-pertemuan pemuda, Kelompok Lagu, Pelayanan Masyarakat, Kelompok Kerja Literatur dan Korespondensi, Tim Bersaksi Musik Pemuda, dan Kelas-kelas Kepahaman Pemuda Advent.

3. Rekreasi
Bergaul Aman, eksplorasi alam, klub pencinta alam, Perkemahan Pemuda Advent, perkemahan-perkemahan khusus, Kelas-kelas Kepahaman Pemuda 
Advent, Medali Perak, Medali Emas.


Sumber Referensi


Peraturan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Revisi 2005, Edisi ke-17; Pengalih bahasa Edison Takasanakeng; Bandung: Indonesia Publishing House, 2006
Comments