Kesehatan dan Pertarakan


Daftar Pelayan Departemen Kesehatan dan Pertarakan

  • Daftar Pelayan Jemaat dapat dilihat disini.
  • Jadwal Ambil Bagian Pelayanan dapat dilihat disini.

Pengantar



Jemaat menerima tanggung jawabnya untuk memperkenalkan Kristus kepada dunia dan percaya bahwa dalam hal ini tercakup tanggung jawab moral untuk mempertahankan martabat manusia dengan memperoleh tingkat kesehatan fisik, mental, rohani yang optimal. Selain melayani mereka yang sakit, tanggung jawab ini mencakup juga pencegahan penyakit melalui pendidikan kesehatan dan kepemimpinan dalam mempromosikan kesehatan prima, bebas tembakau, alkohol dan obat bius lainnya, dan makanan haram. Di mana mungkin, anggota-anggota harus didorong untuk mengikuti suatu diet vegetarian.



Pemimpin Pelayanan Kesehatan



Agar program yang efisien direncanakan dan dijalankan di jemaat, adalah penting bagi jemaat untuk memilih seorang pemimpin Pelayanan Kesehatan. Ia haruslah berorientasi pada kesehatan dan senang dalam mempromosikan standar jemaat tentang hidup sehat di antara anggota dan masyarakat melalui program pelayanan kesehatan yang dijalankan oleh jemaat. Pemimpin itu harus sanggup memilih program dan informasi yang dapat mewakili standar dan filsafat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, dan mengintegrasikannya ke dalam kesaksian rohani dan fisik yang efektif.


Tugas Pemimpin Pelayanan Kesehatan

Meliputi yang berikut ini:

  1. Berkonsultasi dengan pendeta, Komite Pelayanan Kesehatan jemaat, dan Majelis jemaat meringkaskan, rencana, dan anggaran, program-program tahunan yang akan menekankan kesehatan total dan pertarakan bagi jemaat dan masyarakat.
  2. Mempromosikan terus-menerus kesaksian di masyarakat mengenai akibat buruk tembakau, alkohol dan obat-obat serta zat-zat perusak kesehatan lainnya.
  3. Memperkembangkan hubungan yang baik dengan organisasi-organisasi kesehatan masyarakat dan pertarakan.
  4. Mendorong penyelidikan terhadap prinsip-prinsip Alkitab dan nasihat-nasihat Roh Nubuat tentang kesehatan dan pertarakan.
  5. Mendorong penerapan prinsip-prinsip kehidupan sehat dikalangan anggota jemaat.
  6. Mengatur dan mempromosikan program pendidikan kesehatan dan pertarakan bagi jemaat dan masyarakat yang dilayaninya, dalam kerja sama yang erat dengan Direktur Pelayanan Kesehatan konferens/ Daerah/ Wilayah.
  7. Melayani sebagai sekretaris Komite Pelayanan Kesehatan, kecuali bila diminta menjadi ketua Komite.


Wakil Pemimpin Pelayanan Kesehatan



Membantu tanggung jawab pemimpin.




Komite Pelayanan Kesehatan



Komite ini dibentuk untuk menyediakan kepemimpinan yang berdedikasi kepada anggota jemaat dan masyarakat dalam bidang hidup sehat, dan untuk membantu kegiatan penyelamatan jiwa-jiwa yang kooperatif melalui acara penekanan kesehatan dan pertarakan dan kerohanian yang memungkinkan.

Pendeta jika tidak melayani sebagai ketua Komite, haruslah menjadi anggota ex officio dari Komite tersebut.


Anggota-anggota Komite Pelayanan Kesehatan

  1. Pendeta atau ketua jemaat sebagai pimpinan Komite.
  2. Pemimpin Pelayanan Kesehatan.
  3. Direktur Pelayanan Masyarakat.
  4. Pemimpin Pemuda Advent atau dua orang wakil kelompok pemuda.
  5. Tiga perwakilan dari: dokter, dokter gigi, ahli diet, perawat, pendidik kesehatan, pemimpin. Penatalayanan, atau orang lain yang tertarik pada aktivitas kesehatan dan pertarakan.
  6. Direktur Perkumpulan Pelayanan Kesehatan bila ada perkumpulan yang aktif.
  7. Seorang mewakili institusi kesehatan Advent setempat.



Kegiatan-kegiatan Pelayanan Kesehatan



Komite Pelayanan Kesehatan bekerja sama dengan Komite Pelayanan Perorangan, harus membuat suatu jadwal kegiatan-kegiatan pelayanan kesehatan yang meliputi program-program seperti:

  1. Rencana berhenti merokok.
  2. Kelas memasak.
  3. Kelas-kelas kesehatan.
  4. Program pengendalian stres.
  5. Upaya-upaya lain yang berhubungan dengan itu.



Perkumpulan Pelayanan Kesehatan



Di beberapa tempat, Perkumulan Pelayanan Kesehatan atau Pertarakan dapat dibentuk sebagai lembaga terpisah dari organisasi jemaat. Direktur Kesehatan Konferens/ Daerah/ Wilayah harus dilibatkan dalam mendirikan organisasi-organisasi semacam itu.




Persembahan Sabat Pelayanan Kesehatan Sedunia



Seluruh persembahan dikirim ke Konferens/ Daerah/ Wilayah setempat untuk didistribusikan sesuai dengan peraturan General Conferens, Divisi, Uni dan Konferens/ Daerah/ Wilayah.

Sesuai permohonan Konferens/ Daerah/ Wilayah, hingga 25 persen dari persembahan yang diterima jemaat dapat dikembalikan ke jemaat untuk program-program Pelayanan Kesehatan.

Sumber Referensi


Peraturan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Revisi 2005, Edisi ke-17; Pengalih bahasa Edison Takasanakeng; Bandung: Indonesia Publishing House, 2006
Comments