Pelayanan Perorangan

Daftar Pelayan Departemen Pelayanan Perorangan

  • Daftar Pelayan Jemaat dapat dilihatĀ disini.
  • Jadwal Ambil Bagian Pelayanan dapat dilihatĀ disini.
Departemen Pelayanan Perorangan menyediakan sumber-sumber daya dan melatih anggota-anggota jemaat untuk menyatukan usaha-usaha mereka dengan pelayanan dan para pemimpin jemaat dalam pekabaran terakhir tenang Injil keselamatan di dalam Kristus. Tujuan dari departemen ini adalah untuk melibatkan setiap anggota dalam pelayanan aktif memenangkan jiwa bagi Allah.

Komite Pelayanan Perorangan

Komite Pelayanan Perorangan menuntun usaha-usaha jemaat untuk jangkauan keluar dan bekerja di bawah arahan dari majelis jemaat. Komite ini harus duduk paling kurang sekali sebulan. Komite ini terdiri dari:


  • Pemimpin Pelayanan Perorangan (ketua rapat)
  • Sekretaris Pelayanan Perorangan
  • Koordinator Pelayanan Penerbitan
  • Pendeta
  • Seorang Ketua
  • Bendahara Jemaat
  • Pemimpin Dorkas
  • Sekretaris Dorkas
  • Pemimpin Pria Advent
  • Koordinator Peminat
  • Pemimpin Pelayanan Kesehatan
  • Sekretaris Komunikasi
  • Pemimpin Umum Sekolah Sabat
  • Pemimpin Pemuda
  • Koordinator Pelayanan Orang Cacat
  • Koordinator Pelayanan Anak-Anak
  • Pemimpin Bakti Wanita Advent
  • Direktur Pusat Pelayanan Masyarakat
  • Pemimpin Pelayanan Masyarakat
  • Koordinator Sekolah Alkitab
  • dan anggota-anggota lain yang dianggap perlu


Komite Pelayanan Perorangan dapat menunjuk sub-sub komite untuk tugas-tugas khusus yang dipandang perlu. Semua sub komite bertanggung jawab kepada Komite Pelayanan Perorangan.


Tugas dari Komite Pelayanan Perorangan


  1. Mengatur pertemuan-pertemuan untuk jangkauan keluar jemaat, mempelajari ladang aktivitas jangkauan keluarnya, dan mendaftarkan semua anggota jemaat dalam bidang pelayanan tertentu.
  2. Mendaftarkan keterlibatan anggota-anggota jemaat dalam aktivitas-aktivitas jangkauan keluar yang disponsori oleh Departemen Pelayanan Perorangan seperti:
    • Pendistribusian literatur dan peredaran majalah-majalah jangkauan keluar, termasuk majalah-majalah berlangganan
    • Pendaftaran kursus Alkitab
    • Pelayanan Masyarakat dan/atau aktivitas Persekutuan Dorkas
    • Kegiatan-kegiatan pembuka jalan, seperti klinik berhenti merokok, kelas memasak, seminar pengendalian stres dll
  3. Bertanggung jawab untuk perencanaan dan penerapan pengumpulan persembahan tahunan.
  4. Melatih dan menuntun anggota-anggota dalam kesaksian Kristen seperti:
  5. Mengadakan dan mengatur kelas-kelas tentang bagaimana memberikan pelajaran Alkitab, metode-metode bersaksi, menjalankan program-program Pelayanan Masyarakat, dan pelayanan bantuan bencana alam.
  6. Memberi petunjuk-petunjuk praktis bagaimana melakukan pekerjaan ini.
  7. Mendorong supaya memberi laporan melalui sekretaris Pelayanan Perorangan
  8. Mengawasi kegiatan-kegiatan Pelayanan Masyarakat jemaat dan melayani sebagai komite yang mengatur pusat Pelayanan Masyarakat jemaat
  9. Bekerja sama dengan Departemen Pelayanan Perorangan konferens/ daerah/ wilayah dalam menjalankan programnya
  10. Mengesahkan pengeluaran dana Pelayanan Perorangan jemaat
  11. Merencanakan dan melaksanakan pertemuan Pelayanan Perorangan mingguan seperti yang diumumkan dalam kalender jemaat


Pemimpin Pelayanan Perorangan


Pemimpin Pelayanan Perorangan dipilih oleh jemaat untuk memimpin dalam melatih dan mengarahkan jemaat dalam aktivitas pelayanan jangkauan keluar dan menjadi pemimpin rapat dari Komite Pelayanan Perorangan. Pemimpin Pelayanan Perorangan mungkin membutuhkan asisten yang akan mengoordinasi sekolah Alkitab melalui surat menyurat, evangelisasi Alkitab, pembagian literatur, pengumpulan derma, pelayanan kelompok kecil, pelatihan anggota, dan cara-cara lain untuk meningkatkan usaha memenangkan jiwa. Adalah tugas pemimpin untuk memberikan laporan kepada jemaat tentang keseluruhan aktivitas jangkauan keluar jemaat, dalam acara Sabat Pelayanan Perorangan bulanan dan di konferens jemaat.


Sekretaris Pelayanan Perorangan


Sekretaris Pelayanan Perorangan dipilih oleh jemaat dan bekerja sebagai perwakilan Balai Buku Advent untuk semua depertemen dalam jemaat. Sekretaris ini bekerja sama secara erat dengan pemimpin Pelayanan Perorangan dalam mengembangkan program-program jangkauan keluar jemaat.


Tugas-tugas Sekretaris Pelayanan Perorangan


  1. Menjadi sekretaris Komite Pelayanan Perorangan, mencatat keputusan-keputusan rapat Pelayanan Perorangan dan mengambil bagian aktif dalam menerapkan rencana-rencana departemen. Sekretaris harus mencatat laporan-laporan pekerjaan jangkauan keluar yang dilakukan oleh anggota-anggota jemaat dan mengisi serta mengirimkan semua laporan-laporan yang diminta serta informasi-informasi lainnya tentang aktivitas semacam itu kepada Departemen Pelayanan Perorangan konferens/ daerah/ wilayah tepat pada waktunya setiap triwulan.
  2. Memberikan laporan kegiatan Pelayanan Perorangan kepada jemaat pada acara Sabat Pelayanan Perorangan bulanan dan pada konferensi jemaat.
  3. Bertanggung jawab untuk semua transaksi jemaat dengan Balai Buku Advent atau leveransir lainnya. Sekretaris akan membuat catatan perhitungan yang hati-hati dengan leveransir, selalu menggunakan pesanan duplikat, bekerja sama dengan bendahara jemaat dalam melihat bahwa catatan perhitungan diatur secara cepat, dengan jelas setiap bulan.
  4. Meminta perhatian jemaat terhadap sumber-sumber yang siap untuk digunakan.
  5. Merencanakan persembahan periodik untuk pengadaan bahan-bahan Penginjilan Perorangan untuk anggota-anggota bilamana bahan-bahan tersebut tidak tersedia melalui anggaran jemaat atau jadwal persembahan yang disetujui konferens/ daerah/ wilayah. Persembahan Pelayanan Perorangan jemaat untuk maksud ini dapat dikumpulkan pada Sabat pertama dalam bulan itu. Jika persembahan ini tidak mencukupi, maka persembahan dapat dipungut pada acara Pelayanan Perorangan setiap minggu. Pembagian dana-dana Pelayanan Perorangan semacam itu harus berdasarkan keputusan Komite Pelayanan Perorangan.
  6. Mencatat rincian acara-acara dan laporan-laporan pekerjaan yang dilakukan oleh anggota-anggota jemaat, dan dengan cepat mengirimkan ringkasannya kepada direktur Pelayanan Perorangan konferens/ daerah/ wilayah pada waktu yang telah ditentukan.


Pelayanan Masyarakat dan Dorkas

Perkumpulan Masyarakat dan Pelayanan Dorkas adalah sangat penting dalam aktivitas jangkauan keluar jemaat. pemimpinya, wakil pemimpin (kalo perlu), dan sekretaris bendahara dipilih dalam pemilihan pegawai jemaat. Perkumpulan ini mengumpulkan dan menyediakan pakaian, makanan, dan bahan-bahan lain untuk orang miskin, yang membutuhkan dan yang jurang beruntung. Organisasi ini bekerja sama secara erat dengan para diaken dan diakenes jemaat. Namun pelayanan Dorkas dan atau Pelayanan Masyarakat, mencakup lebih dari sekedar memberikan bantuan materi, ini juga mencakup pendidikan orang dewasa, perlawatan, pendidikan kesejahteraan keluarga, perawatan di rumah, bimbingan, dan pelayanan lainnya. Departemen Pelayanan Perorangan jemaat memegang tanggung jawab utama dalam tugas ini.

Pusat Pelayanan Masyarakat


Dalam jemaat yang memiliki pusat Pelayanan Masyarakat, Komite Pelayanan Peroranganlah yang mengatur pusat pelayanan tersebut. Direkturnya ditunjuk oleh Komite Pelayanan Perorangan dan merupakan anggota dari komite Pelayanan Perorangan.

Bilamana beberapa jemaat dalam satu distrik menjalankan suatu pusat Pelayanan Masyarakat secara bersama-sama, suatu komite yang mengatur pusat pelayanan tersebut harus ditunjuk oleh jemaat-jemaat yang menyokong dalam distrik itu, dengan perwakilan dari masing-masing jemaat, dan pendeta distrik bertindak selaku ketuanya.

Bila suatu pusat pelayanan dijalankan oleh dua atau lebih distrik, maka komite harus beranggotakan perwakilan dari setiap jemaat penyokong, dengan perwakilan tambahan yang ditunjuk oleh komite konferens/ daerah/ wilayah. Komite itu memilih sendiri ketuanya, tetapi kadangkala diketuai oleh direktur Pelayanan Perorangan dan Pelayanan Masyarakat konferens/ daerah/ wilayah.


Sumber Referensi


Peraturan Jemaat Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh, Revisi 2005, Edisi ke-17; Pengalih bahasa Edison Takasanakeng; Bandung: Indonesia Publishing House, 2006